PENERAPAN KOMBINASI METODE JIGSAW-SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 KESELET LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: Priyatma, Rana Yudistira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7962/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/7962/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi metode jigsaw-scramble pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Keselet tahun pelajaran 2012-2013. Jika pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 48,8 dan ketuntasan klasikal sebesar 17%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,6 dan pada ketuntasan klasikal meningkat menjadi 83%. Pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 9 dan pada siklus II baik pertemuan I dan II aktivitas guru mencapai skor 12 yang menandakan bahwa guru telah menguasai pembelajaran dalam menerapkan pembelajaran yang mengkombinasikan metode kooperatif tipe Jigsaw dan metode koperatif tipe Scramble pada materi “Bagian-Bagian Tumbuhan” pelajaran IPA sesuai dengan skenario dari RPP yang telah disusun. Pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus I belum berjalan dengan baik karena dalam pembentukan kelompok asal maupun kelompok ahli terlalu banyak memakan waktu. Pada siklus II pelaksanaan pembelajaran mengalami beberapa perubahan yang menghasilkan pembelajaran menjadi lebih optimal dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan catatan siswa harus sudah terbiasa bekerja dalam kelompok.