PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Kurniawati, Kurniawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7925/1/ARTIKEL%20KURNIAWATI.%20E1A011029%20PEND.BIOLOGI%202.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7925/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran peta pikiran (Mind Map) terhadap hasil belajar biologi pada siswa Kelas X SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran peta pikiran (Mind Map) sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMAN 1 Kediri yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X MS1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan metode pembelajaran peta pikiran (Mind Map) dan kelas X MS2 sebagai kelas kontrol yang diajarakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes. Instrumen tes dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda). Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 3,5098 > ttabel = 2,1682, sehingga dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) berpengaruh terdapat hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.