HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Main Author: DINA SOFIANA HARYS, BAIQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7919/1/Jurnal%20Bq.%20Dina%20Sofiana%20HAris.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7919/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Se-Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif (korelasional). Populasi pada penelitian ini sebanyak 1133 siswa yang terdiri dari 5 gugus dengan jumlah sekolah sebanyak 26 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling probability sampiling dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster sampling (area sampling) dan didapat sampel sebanyak 296 siswa dengan jumlah sekolah sebanyak 13 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan df= 296 pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil 0,626 (rhitung) > 0,114 (rtabel), maka