AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: SAPIAH, BAIQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx
http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx
http://eprints.unram.ac.id/7897/
ctrlnum 7897
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7897/</relation><title>AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI &#xD; DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA &#xD; KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) &#xD; TAHUN PELAJARAN 2012/2013</title><creator>SAPIAH, BAIQ</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media objek langsung pada siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Subyek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN Dondak dengan jumlah siswa 32 orang, siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. &#xD; Berdasarkkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus, dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media objek langsung dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa terlihat pada hasil observasi siklus I pertemuan I rata-rata 79,33 berkatagori cukup baik dan pertemuan II berkatagori cukup baik kemudian pada siklus II pertemuan I berkatagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan II berkatagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis dapat di tingkatkan dari siklus I dengan nilai rata-rata 65,5 menjadi 70,28 pada siklus II, dengan peningkatan 4,66. Secara kualitatif peningkatan kemampuan menulis narasi mampu ditingkatkan dari kategori kurang menjadi cukup, dari kategori cukup menjadi baik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan pada siklus II sebesar 90,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang, mengalami peningkatan 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx</identifier><identifier> SAPIAH, BAIQ (2013) AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7897</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAPIAH, BAIQ
title AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx
http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx
http://eprints.unram.ac.id/7897/
contents Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media objek langsung pada siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Subyek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN Dondak dengan jumlah siswa 32 orang, siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Berdasarkkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus, dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media objek langsung dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa terlihat pada hasil observasi siklus I pertemuan I rata-rata 79,33 berkatagori cukup baik dan pertemuan II berkatagori cukup baik kemudian pada siklus II pertemuan I berkatagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan II berkatagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis dapat di tingkatkan dari siklus I dengan nilai rata-rata 65,5 menjadi 70,28 pada siklus II, dengan peningkatan 4,66. Secara kualitatif peningkatan kemampuan menulis narasi mampu ditingkatkan dari kategori kurang menjadi cukup, dari kategori cukup menjadi baik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan pada siklus II sebesar 90,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang, mengalami peningkatan 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013.
id IOS5428.7897
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:27Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:27Z
recordtype dc
_version_ 1686351114263330816
score 17.538404