AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | SAPIAH, BAIQ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx http://eprints.unram.ac.id/7897/ |
ctrlnum |
7897 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7897/</relation><title>AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI 
DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA 
KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) 
TAHUN PELAJARAN 2012/2013</title><creator>SAPIAH, BAIQ</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media objek langsung pada siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Subyek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN Dondak dengan jumlah siswa 32 orang, siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. 
Berdasarkkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus, dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media objek langsung dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa terlihat pada hasil observasi siklus I pertemuan I rata-rata 79,33 berkatagori cukup baik dan pertemuan II berkatagori cukup baik kemudian pada siklus II pertemuan I berkatagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan II berkatagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis dapat di tingkatkan dari siklus I dengan nilai rata-rata 65,5 menjadi 70,28 pada siklus II, dengan peningkatan 4,66. Secara kualitatif peningkatan kemampuan menulis narasi mampu ditingkatkan dari kategori kurang menjadi cukup, dari kategori cukup menjadi baik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan pada siklus II sebesar 90,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang, mengalami peningkatan 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx</identifier><identifier> SAPIAH, BAIQ (2013) AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7897</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SAPIAH, BAIQ |
title |
AMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI
DENGAN MEDIA OBJEK LANGSUNG SISWA
KELAS IV SDN DONDAK SEMESTER II (DUA)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7897/1/ABSTRAK.docx http://eprints.unram.ac.id/7897/2/BAB%201%20-%205.docx http://eprints.unram.ac.id/7897/ |
contents |
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media objek langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan media objek langsung pada siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. Subyek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1V SDN Dondak dengan jumlah siswa 32 orang, siswa laki-laki sebanyak 18 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang.
Berdasarkkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus, dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media objek langsung dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa terlihat pada hasil observasi siklus I pertemuan I rata-rata 79,33 berkatagori cukup baik dan pertemuan II berkatagori cukup baik kemudian pada siklus II pertemuan I berkatagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan II berkatagori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis dapat di tingkatkan dari siklus I dengan nilai rata-rata 65,5 menjadi 70,28 pada siklus II, dengan peningkatan 4,66. Secara kualitatif peningkatan kemampuan menulis narasi mampu ditingkatkan dari kategori kurang menjadi cukup, dari kategori cukup menjadi baik sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 orang dan pada siklus II sebesar 90,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang, mengalami peningkatan 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas 1V SDN Dondak tahun pelajaran 2012/2013. |
id |
IOS5428.7897 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:27Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351114263330816 |
score |
17.538404 |