PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SALUT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: ZOHRAH, FARIDATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7889/1/IDA%20SKRIPSI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7889/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SDN I Salut teridentifikasi bahwa permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Hal ini disebabkan oleh sajian pembelajaran guru yang tidak melibatkan siswa secara penuh dan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa sebagai penerima saja dan berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA.permasalahan ini di atasi dengan menerapkan metode inquiry. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN I Salut tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan.setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan evaluasi,dan tahap refleksi.Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir siklus,sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menujukan bahwa sekor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 64 dengan katagori aktif.dan menigkat pada siklus II menjadi 77,5 dengan katagori sangat aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 67,84 menjadi 77,84. Persentase ketuntasan belajar siswa dengan KKM 60, secara klasikal juga mengalami penigkatan dari 66% pada siklus I menigkat menjadi 88% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode inquiry pada siswa kelas IV SDN I Salut tahun pelajaran 2012/2013.