MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE DUA TINGGAL DUA TAMU (DTDT) SISWA KELAS IV SDN KENAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: SUMIATI, SUMIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7882/1/KAPER%20SKRIPSI%20%20Sumi.docx
http://eprints.unram.ac.id/7882/
Daftar Isi:
  • MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE DUA TINGGAL DUA TAMU ( DTDT) SISWA KELAS IV SDN KENAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model kooperatif tipe dua tinggal dua dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kenawa tahun pelajaran 2012/2013. Adapun penelitian ini adalah peelitian tindakan kelas ( PTK ) dalam penelitian ini yang menjadi variable tindakannya adalah model pembelajaran kooperatif. Sedangkan variable harapannya adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Kenawa sebanyak 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu ( DTDT ) adanya peningkatan aktivitas siswa maupun guru dengan presentase guru yaitu 85,4% siklus I dan 91,6% siklus II. Presentase pembelajaran oleh siswa yaitu 71,42 % siklus I dan 76,61 % siklus 2. Sedangkan hasil belajar 71,07 siklus I dan 6,61 siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 71,43% siklus I dan 89,29 % siklus II .