PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN LAB VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS X.
Main Author: | Sanggara, Putu Wira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7880/1/Jurnal%20%281%29%20Putu%20Wira%20Sanggara%20%28E1Q014038%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/7880/ |
Daftar Isi:
- Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Lab Virtual terhadap keterampilan generik sains fisika peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Kuripan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran POGIL berbantuan Lab Virtual dan kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data keterampilan generik sains dilakukan dengan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji-t polled varian dengan signifikansi 5%. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan Lab Virtual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains peserta didik dengan nilai ttabel = 2,00 < thitung =2,34, Kata kunci: