STUDI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Main Author: KUSDIANSARI, MAHERNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7866/1/ARTIKEL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 4 Mataran tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini, menggunakan “pre-test-post-tes control group design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram yang berjumlah 9 kelas, sedangkan sampel dari penelitian ini siswa kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk tes uraian. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh , maka ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Kata Kunci: