PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GLOBAL BERMEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 PERAMPUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: HALIANI, HALIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7830/1/bab%204-5%20haliani.doc
http://eprints.unram.ac.id/7830/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di semester genap kelas 1 SDN 2 Perampuan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum lancar membaca dengan nilai rata-rata kemampuan membaca siswa baru mencapai 65. Oleh karenanya, perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan metode global bermedia gambar pada siswa kelas 1 SDN 2 Perampuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode global bermedia gambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus mempunyai empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan dari segi keaktifan dan keantusiasan siswa pada siklus I mencapai 45% (10 orang) dan pada siklus II mencapai 81% (18 orang). Dalam keaktifan dan keantusiasan siswa mengalami peningkatan 36% (8 orang). Peningkatan dari segi nilai hasil, ketuntasan belajar berupa kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 45% atau 10 orang yang tuntas meningkat menjadi 81% atau 18 orang yang tuntas. Dengan demikian peningkatanbnya sebesar 36% atau sebanyak 8 orang. Dengan demikian, hasil di atas telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 80%.. Dari segi kualitas pelaksanaan tindakan guru dari siklus I mencapai 53% dan siklus II mencapai 87%. Dalam pelaksanaan tindakan guru mengalami peningkatan yaitu 34%.