PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | Nurul Hilmi, Nurul Hilmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7822/1/jurnal%20hasil%20belajar_fix.docx http://eprints.unram.ac.id/7822/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik (PDPS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik; 2) Pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan 3) Pengaruh interaksi model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest-posttes nonequivalent group desain dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dengan bantuan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Model PDPS berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05), 2) Keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dengan sig(0,001) < α(0,05) dan 3) Ada pengaruh interaksi model pembelajaran (PDPS-Ekspositori) dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05).