PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: Nurul Hilmi, Nurul Hilmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7822/1/jurnal%20hasil%20belajar_fix.docx
http://eprints.unram.ac.id/7822/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik (PDPS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik; 2) Pengaruh keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan 3) Pengaruh interaksi model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest-posttes nonequivalent group desain dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dengan bantuan SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Model PDPS berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05), 2) Keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dengan sig(0,001) < α(0,05) dan 3) Ada pengaruh interaksi model pembelajaran (PDPS-Ekspositori) dan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik dengan sig(0,000) < α(0,05).