PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DAN PENILAIAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP MOTIVASI SERTA HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMPN 2 KEDIRI

Main Author: OKTARINI, DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7791/1/BAB%20I-VI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7791/
Daftar Isi:
  • Penggunaan media pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran Biologi untuk membantu siswa memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi Biologi dan menilai efektivitas penggunaan media animasi Biologi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Biologi siswa SMPN 2 Kediri. Disain penelitian mengacu pada model Borg & Gall yang diadaptasi sukmadinata. Disain penelitian terdiri dari enam tahapan, yaitu studi pendahuluan, disain produk awal, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan terbatas dan revisi produk dan uji coba lapangan skala luas dan produk akhir. Uji efektifitas media animasi Biologi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dilakukan pada uji coba lapangan skala luas. Data kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji beda dua rata-rata (uji-t) terhadap skor post-test dan skor gain. Hasil penelitian ini adalah media animasi Biologi kelas VIII dengan materi fotosintesis, respirasi dan gerak tumbuhan. Hasil uji coba lapangan skala luas menunjukkan bahwa media animasi efektif menigkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata-kata Kunci: