UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | NURHAYATI, NURHAYATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx http://eprints.unram.ac.id/7788/ |
ctrlnum |
7788 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7788/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
(COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL
THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn
KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN
PELAJARAN 2010/2011</title><creator>NURHAYATI, NURHAYATI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun 2010/2011. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan 22 orang siswa perempuan. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan indikator keberhasilan sebesar 75% dan ketercapaian nilai KKM sebesar 65 yang menunjukkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 72,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, dan terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,58 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada matapelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx</identifier><identifier> NURHAYATI, NURHAYATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7788</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NURHAYATI, NURHAYATI |
title |
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
(COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL
THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn
KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN
PELAJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx http://eprints.unram.ac.id/7788/ |
contents |
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun 2010/2011. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan 22 orang siswa perempuan. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan indikator keberhasilan sebesar 75% dan ketercapaian nilai KKM sebesar 65 yang menunjukkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 72,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, dan terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,58 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada matapelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. |
id |
IOS5428.7788 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:24Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351113639428096 |
score |
17.538404 |