UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: NURHAYATI, NURHAYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/7788/
ctrlnum 7788
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7788/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL&#xD; THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn&#xD; KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN&#xD; PELAJARAN 2010/2011</title><creator>NURHAYATI, NURHAYATI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun 2010/2011. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan 22 orang siswa perempuan. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan indikator keberhasilan sebesar 75% dan ketercapaian nilai KKM sebesar 65 yang menunjukkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 72,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, dan terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,58 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada matapelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx</identifier><identifier> NURHAYATI, NURHAYATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7788</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURHAYATI, NURHAYATI
title UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 17 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7788/1/BAB%20I-BAB%20V.docx
http://eprints.unram.ac.id/7788/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun 2010/2011. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa laki-laki 14 orang dan 22 orang siswa perempuan. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan indikator keberhasilan sebesar 75% dan ketercapaian nilai KKM sebesar 65 yang menunjukkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 72,22% meningkat menjadi 80,56% pada siklus II, dan terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 64,58 meningkat menjadi 81,94 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada matapelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 17 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.
id IOS5428.7788
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
recordtype dc
_version_ 1686351113639428096
score 17.538404