UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | HERAWATI, APRINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7784/1/BAB%20I-V%20%2B%20Lampiran.docx http://eprints.unram.ac.id/7784/ |
Daftar Isi:
- Siswa kelas II di SDN 23 Cakranegara ditengarahi masih mengalami kesulitan dalam melakukan operasi bilangan 6-10 (hasil observasi). Hal ini disebabkan karena metode mengajar yang masih monoton dan guru belum terampil menggunakan teknik-teknik berhitung sebagai media (alat) dalam pembelajaran matematika. Tujuan penggunaan teknik Jarimatika pada perkalian 6-10 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa . Jarimatika adalah cara berhitung (kali-bagi-tambah-kurang) dengan menggunakan jari-jari tangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 23 Cakranegara yang berjumlah 40 orang siswa, sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi aktifitas guru dan siswa dan pengambilan nilai melalui tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 67,2 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata tes hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 76,2. Rata-rata nilai siswa dalam 2 siklus selalu meningkat, hal ini disebabkan karena siswa lebih aktif dalam kelas. Pada penelitian ini, Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penggunaan teknik Jarimatika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas II SDN 23 Cakranegara pada perkalian 6-10. Oleh sebab itu Guru diharapkan dapat menggunakan dan menerapkan teknik Jarimatika secara efektif.