UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KANO SLOW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: ARDIAN, AMENG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7779/1/SKRIPSI%20AMENG%20ARDIAN%20%28E1E%20007%20007%29_2.doc
http://eprints.unram.ac.id/7779/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 7 Ampenan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif dan dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdapat tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan data hasil observasi siklus I, II dan III diperoleh rata-rata persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal berturut-turut adalah 39% (cukup aktif), 78% (sangat aktif) dan 96% (sangat aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar kognitif pada siklus I, II dan III nilai rata-rata IPS siswa secara klasikal adalah 68 (cukup), 84 (sangat baik), dan 89 (sangat baik). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kano Slow dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 7 Ampenan pada tahun ajaran 2009/2010.