PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MANCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DENGAN TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS VIII MTs AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: Dahlia, Rohi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7770/1/BAB%201-3.doc
http://eprints.unram.ac.id/7770/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada bidang studi biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) dengan tipe course review horay pada kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas mencari pasangan (make a match) dan kelas VIIIA sebagai kelas course review horay. Data hasil belajar berasal dari test siswa yang berupa test obyektif untuk kognitif, tes perbuatan untuk psikomotor dan tes afektif dalam bentuk lembar penilaian afektif. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji t separated varians. Hasil uji t diperoleh nilai t-hitung (2,647) > t-tabel (2,026) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada bidang studi biologi yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) dengan tipe course review horay. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada bidang studi biologi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) dengan tipe course review horay