EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM

Main Author: SUKIMAN, MUHAMAD SALEH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7744/1/cOVER%20dan%20hal.%20pengesahan.rtf
http://eprints.unram.ac.id/7744/
ctrlnum 7744
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7744/</relation><title>EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM</title><creator>SUKIMAN, MUHAMAD SALEH</creator><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu: 1) penelitian pengembangan, dan 2) penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (PSBI) yang terdiri atas: RPP, PIS, LIS dan PIM. Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI, 2) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw, 3) apakah ada pengaruh interaksi PSBI dengan teknik kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa, 4) apakah ada korelasi antara sikap ilmiah, minat dengan hasil belajar biologi siswa.&#xD; Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Dick and Carry. Penelitian eksperimental dengan rancangan faktorial 2 x 2 dengan pola pretes-postes. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, tes sikap ilmiah dan minat siswa terhadap biologi diperoleh melalui angket. Penelitian eksperimen dilaksanakan di SMPN 2 Mataram semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Analisis data menggunakan teknik Anacova (Analisis of Covarian) dengan bantuan program analisis statistik SPSS 16.0 for windows. &#xD; Hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran menunjukan bahwa sebagian besar (87,05% - 92,5% ) menyatakan perangkat layak digunakan, hasil uji kelompok kecil menunjukan bahwa 92,5% siswa menyatakan perangkat sangat baik, uji lapangan 83,8% siswa menyatakan perangkat cukup layak digunakan. Hasil penelitian eksperimen menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat NonPSBI&#x201D; (F=18,26; p=0,00). (2) Tidak ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 0,12; p=0,73). (3) Ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap sikap ilmiah siswa (F=5,89; p=0,02). (4) Ada perbedaan minat antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat model NonPSBI (F=2,26; p=0,03). (5) Ada perbedaan minat siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 1,95; p=0,04). 6) Tidak ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap minat siswa&#x201D; (F=3,76; p=0,051). 7) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI (F = 23,12; p =0,00). 8) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw (F = 5,95 ; p =0,02). 9) Tidak ada pengaruh interaksi perangkat PSBI dengan teknik kooperatif terhadap hasil belajar kognitif siswa (F = 2,94 ; p = 0,06). 10) Ada korelasi positif antara sikap ilmiah dengan hasil belajar kognitif (r = 0,25; p=0,002) dan nilai signifikansi 0,002&lt;0,05. 11) Ada korelasi positif antara minat terhadap biologi dengan hasil belajar kognitif ( r = 0,58; p = 0,000) dan nilai signifikan 0,000&lt;0,05.&#xD; &#xD; Kata kunci :</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7744/1/cOVER%20dan%20hal.%20pengesahan.rtf</identifier><identifier> SUKIMAN, MUHAMAD SALEH (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7744</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUKIMAN, MUHAMAD SALEH
title EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SIKAP ILMIAH DAN MINAT SERTA HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMPN 2 MATARAM
publishDate 2013
topic Q Science (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7744/1/cOVER%20dan%20hal.%20pengesahan.rtf
http://eprints.unram.ac.id/7744/
contents Penelitian ini terdiri atas dua tahap yaitu: 1) penelitian pengembangan, dan 2) penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan perangkat Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri (PSBI) yang terdiri atas: RPP, PIS, LIS dan PIM. Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI, 2) apakah ada perbedaan sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw, 3) apakah ada pengaruh interaksi PSBI dengan teknik kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap sikap ilmiah, minat, dan hasil belajar siswa, 4) apakah ada korelasi antara sikap ilmiah, minat dengan hasil belajar biologi siswa. Perangkat pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Dick and Carry. Penelitian eksperimental dengan rancangan faktorial 2 x 2 dengan pola pretes-postes. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, tes sikap ilmiah dan minat siswa terhadap biologi diperoleh melalui angket. Penelitian eksperimen dilaksanakan di SMPN 2 Mataram semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Analisis data menggunakan teknik Anacova (Analisis of Covarian) dengan bantuan program analisis statistik SPSS 16.0 for windows. Hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran menunjukan bahwa sebagian besar (87,05% - 92,5% ) menyatakan perangkat layak digunakan, hasil uji kelompok kecil menunjukan bahwa 92,5% siswa menyatakan perangkat sangat baik, uji lapangan 83,8% siswa menyatakan perangkat cukup layak digunakan. Hasil penelitian eksperimen menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat NonPSBI” (F=18,26; p=0,00). (2) Tidak ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 0,12; p=0,73). (3) Ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap sikap ilmiah siswa (F=5,89; p=0,02). (4) Ada perbedaan minat antara siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat PSBI dengan siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat model NonPSBI (F=2,26; p=0,03). (5) Ada perbedaan minat siswa yang belajar melalui strategi kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui strategi kooperatif Jigsaw (F= 1,95; p=0,04). 6) Tidak ada pengaruh interaksi jenis perangkat pembelajaran dengan tipe strategi kooperatif terhadap minat siswa” (F=3,76; p=0,051). 7) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan menggunakan PSBI dan siswa yang belajar tidak menggunakan PSBI (F = 23,12; p =0,00). 8) Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar melalui teknik kooperatif STAD dengan siswa yang belajar melalui teknik kooperatif Jigsaw (F = 5,95 ; p =0,02). 9) Tidak ada pengaruh interaksi perangkat PSBI dengan teknik kooperatif terhadap hasil belajar kognitif siswa (F = 2,94 ; p = 0,06). 10) Ada korelasi positif antara sikap ilmiah dengan hasil belajar kognitif (r = 0,25; p=0,002) dan nilai signifikansi 0,002<0,05. 11) Ada korelasi positif antara minat terhadap biologi dengan hasil belajar kognitif ( r = 0,58; p = 0,000) dan nilai signifikan 0,000<0,05. Kata kunci :
id IOS5428.7744
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:24Z
recordtype dc
_version_ 1686351113218949120
score 17.538404