PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TOPIK SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER II SDN 46 AMPENAN TAHUN 2009/2010
Main Author: | MULYADI, MULYADI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7690/1/SKRIPSI%20BAB%20I%20II%20%26%20III.rtf http://eprints.unram.ac.id/7690/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan tujuan penelitian, maka penggunaan metode explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan topik sederhana. Dalam peningkatan kemampuan menulis karangan topik sederhana pada siswa kelas IV semester II SDN 46 Ampenan peningkatannya persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 53,33% pada siklus I, pada siklus II sebesar 93%. Hasil ini meningkat karena pada saat memasuki siklus II guru membimbing siswa supaya lebih antusias dalam mengerjakan tugas maupun dalam belajar sehingga menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tipa siklus dengan tecapainya ketuntasan belajar yang diharapkan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan topik sederhana dengan menggunakan metode explicit instruction pada pelajaran bahasa Indonesia kelas IV semester II SDN 46 Ampenan yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa setiap siklus dan ketuntasan belajar secara klasikal.