PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS V SDN PUNIK PRAYA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: BAHRI, SAIPUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7649/1/SKRIPSI%20SAIPUL%20BAHRI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7649/
Daftar Isi:
  • Oleh : Saipul Bahri Dengan mempunyai kemampuan berbicara siswa akan mampu membentuk melahirkan siswa yang cerdas, kritis, kreatif dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya pada saat dia berbicara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Punik menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dalam situasi resmi masih rendah. Banyak siswa menggunakan bahasa daerahnya ketika proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sekaligus usaha untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode bermain peran siswa kelas V SDN Punik yang berjumlah 27 orang. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan metode bermain peran siswa kelas V SDN Punik Praya tahun pelajaran 2009/2010, peneliti menggunakan penilaian kualitatif berupa hasil observasi yang diperoleh peneliti selama penelitian berlangsung dan penilaian kuantitatif berupa hasil evaluasi tiap siklus. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari 71,8% dengan kategori aktif meningkat menjadi 80% dengan kategori sangat aktif. Hasil evaluasi kemampuan berbicara siswa juga mengalami peningkatan tiap aspek yang dinilai dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 66,6% dan rata-rata 68,3 pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 88,9% dan skor rata-rata 76,4. Dengan menerapkan metode bermain peran, kemampuan berbicara siswa meningkat dan siswa terlihat lebih aktif karena siswa mengalami atau menyaksikan sendiri kejadian yang berlangsung.