PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PARALLEL PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 46 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: FAESAL, ANGGI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7648/1/SKRIPSI%20YES.docx
http://eprints.unram.ac.id/7648/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan di SD Negeri 46 Cakranegara bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya di kelas IV tahun 2010/2011 dengan menggunakan media pembelajaran berupa permainan parallel puzzle. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Berdasarkan Hasil analisis data untuk skor aktivitas siswa dalam penelitian ini terjadi peningkatan dari 63 dengan kriteria cukup aktif menjadi 79 pada siklus II dengan kriteria aktif. Nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan dari 66,65 menjadi 81,37. Demikian juga dengan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai 75,86% dan terjadi peningkatan menjadi 93,10% pada siklus II sehungga penelitian ini sudah dianggap terlaksana karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Maka setelah menggunakan media pembelajaran dalam bentuk permainan parallel puzzle terjadi peningkatan yang signifikan (meyakinkan) dilihat dari perolehan skor rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklus.