PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 MENINTING TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: GANI, RUSLAN ABDUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7634/1/Bab%20I%20-V%20%26%20Lampiran.doc
http://eprints.unram.ac.id/7634/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SDN 2 Meninting, khususnya pada mata pelajaran IPA masih didominasi oleh metode ceramah dan kegiatan yang berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa tidak aktif selama pembelajaraan yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPA Pokok bahasan Perubahan Penampakan Pada Bumi Dan Langit di Kelas IV SDN 2 Meninting. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Meninting yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I diperoleh skor aktivitas siswa adalah 2,75 dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 3,75 dengan kategori sangat aktif. Selain itu, rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,57 dan ketuntasan klasikal sebesar 74,28 %, sedangkan pada siklus II rata-rata prestasi belajar menjadi 76,85 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 94,28%.