PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: JULIANTINI, SRI ERTINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7627/1/judul%20mtk.docx
http://eprints.unram.ac.id/7627/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 25 Mataram. Salah satu penyebabnya karena dalam proses pembelajaran guru kurang menggunakan media dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Kegiatan pembelajaran seperti ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media mistar bilangan materi pokok bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 25 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Mataram tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 26 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Indikator ketercapaian dalam penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dan siklus II dengan rata-rata kelas mencapai ≥ 60 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada siklus I dan siklus II yaitu 69,2 dan 77,6. Sementara itu, persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II yaitu 73% dan 88,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 25 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011.