PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 2 JATISELA TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | P U J I A N I, P U J I A N I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7623/1/BAB%201-III.docx http://eprints.unram.ac.id/7623/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa kelas I SDN 2 Jatisela. Hal ini disebabkan karena rata-rata siswa yang bersekolah di SDN 2 Jatisela tidak mengenyam pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang silaksanaka dalam 2 siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan dengan media kartu bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data yang diperoleh dengan menggunakan observasi dan unjuk kerja. Adapun indikator keberhasilan siswa tercapai minimal 60 dan ketuntasan belajar yaitu minimal 85 %. Data menunjukkan nilai hasil evaluasi siswa siklus I adalah 60,47 dan ketuntasan klasikalnya 51,72%. Siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa 71,57 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 86,20%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 2 Jatisela Tahun Ajaran 2011/2012.