PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 50 CAKRANEGARA TAHUN 2010/2011

Main Author: SARASWULANNINGSIH, NI KETUT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7619/1/SKRIPSI%20NI%20KETUT%20SARAS%20WULANINGSIH.docx
http://eprints.unram.ac.id/7619/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN 50 Cakranegara tahun pelajaran 2009/2010 dari 29 orang siswa, diperoleh informasi bahwa siswa kelas V belum mampu menulis karangan sederhana dengan baik. Rata-rata nilai siswa di bawah KKM, sementara Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan SDN 50 Cakranegara untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 70. Di samping itu juga dari faktor guru yang kurang memanfaatkan media pembelajaran Bahasa Indonesia dan belum mengggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan sehingga suasana pembelajaran yang terjadi kurang menarik dan menyebabkan aktivitas belajar siswa sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menemukan peran penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Pada akhir penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I, II, masing-masing dengan kategori aktivitas sedang pada siklus I, sangat tinggi pada siklus II. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, II, masing-masing 62,84; 86,21. Prestasi belajar siswa siklus I, II, dengan ketuntasan masing-masing 31,03%; 86,21%. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN 50 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011.