PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VI B SDN 27 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Main Author: | NURHAYATUN, BAIQ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7584/1/SKRIPSl.docx http://eprints.unram.ac.id/7584/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis khususnya menulis berita kelas VI SDN 27 Mataram tahun pelajaran 2010 /2011. Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis masih sangat rendah. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti memilih menggunakan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) untuk meningkatkan kemampuan menulis berita. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil evaluasi siklus I nilai yang diperoleh dengan persentase ketuntasan 34,78 %. Pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan sebesar 91,31 %. Aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada aktivitas guru pada siklus I rata-rata persentasenya71,5 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,6 %. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata persentasenya 68,1 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,1 %. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis berita dengan penerapan pendekatan kooperatif model STAD dari siklus I ke siklus II sebesar 56,53 % pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan ketuntasan klasikal 91,31 %. Diharapkan agar dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) pada setting kelas atau sekolah yang lain.