STUDI PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWASTA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Main Author: AHMAD RIYADI, AHMAD RIYADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7546/1/TESIS%20a.n.%20Ahmad%20Riyadi.docx
http://eprints.unram.ac.id/7546/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap rumusan visi, misi dan tujuan sekolah, rumusan rencana kerja sekolah serta partisipasi masyarakat dalam perumusan perencanaan pendidikan pada sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta kecil dengan lokasi penelitian yang diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok, yaitu sekolah yang memiliki jumlah siswa kurang dari 20 orang perkelas, antara 20 orang sampai dengan 32 orang perkelas, dan lebih dari 32 orang perkelas. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan komite sekolah yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya rumusan visi, misi dan tujuan sekolah yang jelas, yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para pengelola sekolah dalam pengelolaan sekolah menuju sebuah kondisi ideal yang diharapkan, sedangkan rumusan rencana kerja sekolah yang dimiliki sekolah-sekolah lokasi penelitian ini belum memenuhi seluruh unsur perencanaan sebagaimana diatur dalam standar pengelolaan sekolah. Rencana kerja sekolah belum memuat komponen-komponen rencana kerja secara lengkap. Selain itu, tingkat partisipasi masyarakat pada sekolah-sekolah lokasi penelitian ini masih terbilang rendah. Masyarakat belum diberi ruang dan kesempatan yang cukup untuk terlibat dalam pengelolaan sekolah, termasuk dalam perumusan perencanaan pendidikan. Kata Kunci :