PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN S K R I P S I

Main Author: KOSDINATA, KOSDINATA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7515/1/EKOS%20SKRIPSI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7515/
ctrlnum 7515
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7515/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF&#xD; TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL&#xD; BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN&#xD; S K R I P S I</title><creator>KOSDINATA, KOSDINATA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Proses pembelajaran di kelas V SDN 25 Ampenan didasari pada masih kurangnya inovasi dan kreasi guru IPA dalam mencari dan menemukan tipe pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Proses pembelajarannya lebih didominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain juga masih kurang kondusif dan tidak ada inisiatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Sehingga untuk mengatasi masalah pembelajaran diatas peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a- Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 25 Ampenan yang berjumlah 29 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa siklus I, II dan siklus III diperoleh rata &#x2013; rata nilai siswa 38,96, 55,51 dan 78,96. Untuk skor rata &#x2013; rata aktivitas siswa sebesar 8,31 yang tergolong dalam kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi 10,34 yang tergolong dalam kriteria aktif pada siklus II menjadi 13,79 yang tergolong dalam kriteria sangat aktif pada siklus III. Sedangkan skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru juga meningkat dari 2,25 yang tergolong dalam krtieria kurang baik pada siklus I menjadi 2,63 yang tergolong dalam kriteria cukup baik pada siklus II menjadi 3,81 yang tergolong dalam kriteria baik pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a-Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 25 Ampenan tahun Pelajaran 2009/2010.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7515/1/EKOS%20SKRIPSI.doc</identifier><identifier> KOSDINATA, KOSDINATA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN S K R I P S I. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7515</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KOSDINATA, KOSDINATA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 25 AMPENAN S K R I P S I
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7515/1/EKOS%20SKRIPSI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7515/
contents Proses pembelajaran di kelas V SDN 25 Ampenan didasari pada masih kurangnya inovasi dan kreasi guru IPA dalam mencari dan menemukan tipe pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Proses pembelajarannya lebih didominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selain itu interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain juga masih kurang kondusif dan tidak ada inisiatif dari siswa yang lain untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada guru. Sehingga untuk mengatasi masalah pembelajaran diatas peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a- Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 25 Ampenan yang berjumlah 29 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa siklus I, II dan siklus III diperoleh rata – rata nilai siswa 38,96, 55,51 dan 78,96. Untuk skor rata – rata aktivitas siswa sebesar 8,31 yang tergolong dalam kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi 10,34 yang tergolong dalam kriteria aktif pada siklus II menjadi 13,79 yang tergolong dalam kriteria sangat aktif pada siklus III. Sedangkan skor pelaksanaan pembelajaran oleh guru juga meningkat dari 2,25 yang tergolong dalam krtieria kurang baik pada siklus I menjadi 2,63 yang tergolong dalam kriteria cukup baik pada siklus II menjadi 3,81 yang tergolong dalam kriteria baik pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a-Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 25 Ampenan tahun Pelajaran 2009/2010.
id IOS5428.7515
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:18Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:18Z
recordtype dc
_version_ 1686351112216510464
score 17.538404