PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (TIPE BROKEN TRIANGLE, SQUARE, HEART) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 22 CAKRANEGARA

Main Author: SUDARMINI, NI LUH DESY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7379/1/skripsiku.docx
http://eprints.unram.ac.id/7379/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 22 Cakranegara khususnya dalam pelajaran IPA. Kondisi ini dapat dilihat dari nilai rata–rata ulangan harian semester I kelas IV SDN 22 Cakranegara masih ada yang dibawah 63,0. Permasalahan di atas disebabkan oleh ketidaksiapan siswa dalam menerima materi, kurangnya perhatian siswa terhadap guru ketika mengajar, tugas yang diberikan jarang dikerjakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual (tipe broken triangle, square, heart) di kelas IV SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 37 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan essay tiap akhir siklus, sedangkan data Aktivitas Belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 54,05% dan 86,48% yang memilki katagori cukup aktif dan sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar 81,08% dan 91,89% yang memiliki kategori aktif dan sangat aktif. Hasil ini menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kontekstual (tipe broken triangle, square, heart) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV SDN 22 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011.