PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: SUSANTI, SUSANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7354/1/SKRIPSI%20SANTI%20REVISI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7354/
ctrlnum 7354
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7354/</relation><title>PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010</title><creator>SUSANTI, SUSANTI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains, karena disebabkan beberapa faktor antara lain pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat dari rata-rata yang diproleh siswa yaitu 58,5 sehingga KKM &#x2265; 65 yang ditentukan sekolah belum tercapai, dan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah model STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA, 2) Apakah model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model STAD pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdapat tahapan-tahapan yang diakukan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi siswas menggunakan tes (pilihan ganda dan essay). Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa &#x2265; dan = 65 dan ketuntasan klasikalnya tercapai minimal 85% siswa mendapat skor &#x2265; dan = 65. Dari hasil analisis data terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,7 menjadi 79,8 sehingga porsentase ketuntasan belajar siswa 64,7% pada siklus I dan 88,5% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata observer I adalah 16 dan 14,5 dari observer II dengan kategori kurang aktif menjadi 24,5 dari observer I dan 25,5 dari observer II dengan kategori aktif. Sedangkan kegiatan yang dilakukan guru pada siklus I dan silkus II yaitu dari skor rata-rata dari observer I adalah 18,5 dan 22,5 dari observer II dengan kategori cukup baik menjadi 24 dari observer I dan 25 dari observer II dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009 / 2010.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7354/1/SKRIPSI%20SANTI%20REVISI.doc</identifier><identifier> SUSANTI, SUSANTI (2011) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7354</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUSANTI, SUSANTI
title PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN I KEDIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7354/1/SKRIPSI%20SANTI%20REVISI.doc
http://eprints.unram.ac.id/7354/
contents Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains, karena disebabkan beberapa faktor antara lain pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat dari rata-rata yang diproleh siswa yaitu 58,5 sehingga KKM ≥ 65 yang ditentukan sekolah belum tercapai, dan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah model STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA, 2) Apakah model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model STAD pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009/2010. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdapat tahapan-tahapan yang diakukan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi siswas menggunakan tes (pilihan ganda dan essay). Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa ≥ dan = 65 dan ketuntasan klasikalnya tercapai minimal 85% siswa mendapat skor ≥ dan = 65. Dari hasil analisis data terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,7 menjadi 79,8 sehingga porsentase ketuntasan belajar siswa 64,7% pada siklus I dan 88,5% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata observer I adalah 16 dan 14,5 dari observer II dengan kategori kurang aktif menjadi 24,5 dari observer I dan 25,5 dari observer II dengan kategori aktif. Sedangkan kegiatan yang dilakukan guru pada siklus I dan silkus II yaitu dari skor rata-rata dari observer I adalah 18,5 dan 22,5 dari observer II dengan kategori cukup baik menjadi 24 dari observer I dan 25 dari observer II dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Kediri tahun ajaran 2009 / 2010.
id IOS5428.7354
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
recordtype dc
_version_ 1686351111237140480
score 17.538404