PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | ASTARIA, AULIA RENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx http://eprints.unram.ac.id/7328/ |
ctrlnum |
7328 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7328/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) 
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>ASTARIA, AULIA RENI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Umumnya, fokus pembelajaran IPA terletak pada kegiatan yang dilakukan oleh guru dan terlaksana hanya dengan menerapkan metode belajar seperti ceramah, tanya-jawab, diskusi, praktik, dan demonstrasi. Akibatnya, aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif, dan prestasi belajarnya pun menurun. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mengatasinya. 
Model pembelajaran ini diaplikasikan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui sejumlah siklus, dimana setiap siklus terditi dari empat tahap berupa tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. 
Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan, bahwa aktivitas belajar siswa, baik pada siklus I maupun siklus II berada pada kategori aktif. Di siklus I, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47. Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47,5. Selain itu, peningkatan terjadi pada persentase ketuntasan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 57,9% menjadi 92,9%. Dengan demikian, PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus karena telah mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, yaitu terjadinya peningkatan pada aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx</identifier><identifier> ASTARIA, AULIA RENI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7328</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ASTARIA, AULIA RENI |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx http://eprints.unram.ac.id/7328/ |
contents |
Umumnya, fokus pembelajaran IPA terletak pada kegiatan yang dilakukan oleh guru dan terlaksana hanya dengan menerapkan metode belajar seperti ceramah, tanya-jawab, diskusi, praktik, dan demonstrasi. Akibatnya, aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif, dan prestasi belajarnya pun menurun. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mengatasinya.
Model pembelajaran ini diaplikasikan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui sejumlah siklus, dimana setiap siklus terditi dari empat tahap berupa tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.
Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan, bahwa aktivitas belajar siswa, baik pada siklus I maupun siklus II berada pada kategori aktif. Di siklus I, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47. Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47,5. Selain itu, peningkatan terjadi pada persentase ketuntasan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 57,9% menjadi 92,9%. Dengan demikian, PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus karena telah mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, yaitu terjadinya peningkatan pada aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa. |
id |
IOS5428.7328 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:12Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351111141720064 |
score |
17.538404 |