PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: ASTARIA, AULIA RENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx
http://eprints.unram.ac.id/7328/
ctrlnum 7328
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7328/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) &#xD; UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>ASTARIA, AULIA RENI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Umumnya, fokus pembelajaran IPA terletak pada kegiatan yang dilakukan oleh guru dan terlaksana hanya dengan menerapkan metode belajar seperti ceramah, tanya-jawab, diskusi, praktik, dan demonstrasi. Akibatnya, aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif, dan prestasi belajarnya pun menurun. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mengatasinya. &#xD; Model pembelajaran ini diaplikasikan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui sejumlah siklus, dimana setiap siklus terditi dari empat tahap berupa tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. &#xD; Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan, bahwa aktivitas belajar siswa, baik pada siklus I maupun siklus II berada pada kategori aktif. Di siklus I, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47. Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47,5. Selain itu, peningkatan terjadi pada persentase ketuntasan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 57,9% menjadi 92,9%. Dengan demikian, PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus karena telah mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, yaitu terjadinya peningkatan pada aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx</identifier><identifier> ASTARIA, AULIA RENI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7328</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ASTARIA, AULIA RENI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7328/1/Terimakasih%20ya%20Allah.docx
http://eprints.unram.ac.id/7328/
contents Umumnya, fokus pembelajaran IPA terletak pada kegiatan yang dilakukan oleh guru dan terlaksana hanya dengan menerapkan metode belajar seperti ceramah, tanya-jawab, diskusi, praktik, dan demonstrasi. Akibatnya, aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif, dan prestasi belajarnya pun menurun. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk mengatasinya. Model pembelajaran ini diaplikasikan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui sejumlah siklus, dimana setiap siklus terditi dari empat tahap berupa tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh data yang menunjukkan, bahwa aktivitas belajar siswa, baik pada siklus I maupun siklus II berada pada kategori aktif. Di siklus I, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47. Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 47,5. Selain itu, peningkatan terjadi pada persentase ketuntasan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 57,9% menjadi 92,9%. Dengan demikian, PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus karena telah mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, yaitu terjadinya peningkatan pada aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa.
id IOS5428.7328
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
recordtype dc
_version_ 1686351111141720064
score 17.538404