PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011

Main Author: FATONI, EKA HARIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc
http://eprints.unram.ac.id/7321/
ctrlnum 7321
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7321/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2&#xD; MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN &#xD; PELAJARAN 2010/ 2011</title><creator>FATONI, EKA HARIANTI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pelajaran sains di kelas IV SDN 2 Midang adalah 38,46% sedangkan untuk KKM pada pelajaran Sains adalah &#x2265; 65. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah dan terbatasnya penggunaan alat peraga yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memotivasi siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran Sains. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 2 Midang yang berjumlah 38 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85% siswa mendapat nilai &#x2265; 65. Analisis hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa 63,15% dan 86,84%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan metode STAD pada materi lain.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc</identifier><identifier> FATONI, EKA HARIANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7321</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FATONI, EKA HARIANTI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc
http://eprints.unram.ac.id/7321/
contents Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pelajaran sains di kelas IV SDN 2 Midang adalah 38,46% sedangkan untuk KKM pada pelajaran Sains adalah ≥ 65. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah dan terbatasnya penggunaan alat peraga yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memotivasi siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran Sains. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 2 Midang yang berjumlah 38 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85% siswa mendapat nilai ≥ 65. Analisis hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa 63,15% dan 86,84%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan metode STAD pada materi lain.
id IOS5428.7321
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:12Z
recordtype dc
_version_ 1686351111115505664
score 17.538404