PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
Main Author: | FATONI, EKA HARIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc http://eprints.unram.ac.id/7321/ |
ctrlnum |
7321 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7321/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2
MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN 
PELAJARAN 2010/ 2011</title><creator>FATONI, EKA HARIANTI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pelajaran sains di kelas IV SDN 2 Midang adalah 38,46% sedangkan untuk KKM pada pelajaran Sains adalah ≥ 65. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah dan terbatasnya penggunaan alat peraga yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memotivasi siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran Sains. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 2 Midang yang berjumlah 38 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85% siswa mendapat nilai ≥ 65. Analisis hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa 63,15% dan 86,84%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan metode STAD pada materi lain.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc</identifier><identifier> FATONI, EKA HARIANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7321</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FATONI, EKA HARIANTI |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2
MIDANG KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN
PELAJARAN 2010/ 2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7321/1/SKRIPSI%20%20EKA.doc http://eprints.unram.ac.id/7321/ |
contents |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pelajaran sains di kelas IV SDN 2 Midang adalah 38,46% sedangkan untuk KKM pada pelajaran Sains adalah ≥ 65. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah dan terbatasnya penggunaan alat peraga yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang Kecamatan Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memotivasi siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran Sains. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 2 Midang yang berjumlah 38 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 85% siswa mendapat nilai ≥ 65. Analisis hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa 63,15% dan 86,84%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar sains pada siswa kelas IV SDN 2 Midang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan metode STAD pada materi lain. |
id |
IOS5428.7321 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:12Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351111115505664 |
score |
17.538404 |