PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | ALAWIYAH, TUTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7316/1/BAB%20I-V.docx http://eprints.unram.ac.id/7316/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN 2 Kalijaga Tahun Pelajaran 2010/2011. Manfaat penelitian ini mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan ketrampilan intelektual siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kalijaga dengan jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 8 perempuan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sains (IPA). Jika ketuntasan klasikal (KK) ≥ 85% maka belajar siswa dikatakan tuntas secara klasikal dan jika ketuntasan klasikal (KK) ≤ 85% maka belajar siswa belum dikatakan mencapai ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 68,18% dan pada siklus II mencapai 86,36%. Persentase peningkatan prestasi belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai siklus II adalah 18,18%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Kalijaga Tahun Pelajaran 2010/2011.