PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN NO. 3 BATUJAI LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: KHADIJAH, BAIQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7284/1/1.rtf
http://eprints.unram.ac.id/7284/
Daftar Isi:
  • Seringkali dalam pembelajaran disekolah siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu dalam menggunakan konsep. Apalagi hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti ceramah dan diskusi. Sehingga, prestasi siswa/I SDN NO 3 Batujai kelas IV khususnya mata pelajaran IPA belum optimal.Dalam kenyataannya model pembelajaran seperti itu kurang bisa menanamkan konsep dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Permasalahan yang dihadapi yakni bagaimana menerapkan suatu model pembelajaran tertentu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN NO 3 Batujai serta mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini melibatkan subyek sebanyak 15 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang keseluruhannya merupakan siswa/I kelas IV. Penelitian ini terdiri dari dua siklus,setiap siklusnya juga terdiei dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil rekapitulasi tiap-tiap siklus dari siklus I sebanyak 9 siswa atau 60% dikatakan belum tuntas dan 6 siswa atau 40% dikatakan tuntas,sedangkan pada siklus II sebanyak 2 siswa atau 13% dikatakan belum tuntas dan 13 siswa atau 87% dikatakan tuntas.Dari hasil rekapitulasi tersebut dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 4.70%, sehingga penelitian dianggap sudah dapat terlaksana dengan baik karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Sehingga dapat disimpulkan denagan penerapan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan beberapa saran (1)Kepala Sekolah hendaknya dapat merumuskan kebijakan mengenai model pembelajaran yang sesuai yang dapat diaplikasikan secara berkelanjutan (2)Guru kelas IV diharapkan dapat menindaklanjuti model pembelajaran Problem Based Instruction dan menyempurnakannya (3)Siswa sebagai pembelajar sebaiknya melaksanakan pembelajaran dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai (4)Untuk calon peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran problem Based Instruction pada mata pelajaran yang lain,tidak hanya pada pembelajaran IPA saja.