PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: FEBRIYANTI E., WANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7273/1/skripsi%20wanda.doc
http://eprints.unram.ac.id/7273/
ctrlnum 7273
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7273/</relation><title>PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV &#xD; SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator>FEBRIYANTI E., WANDA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SD Negeri 18 Mataram diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SD Negeri 18 Mataram adalah guru cendrung hanya menjelaskan materi ajar didepan kelas, guru hanya melakukan tahap simbolik sedangkan tahap enaktif dan ikonik tidak tampak. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran Matematika menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran pun rendah dengan rata-rata 66,11, jumlah siswa yang tidak tuntas 15 orang dan ketuntasan belajar 65,90%. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan mistar bilangan.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-2 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram yang berjumlah 44 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi.&#xD; Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 2,8, persentase 69,75% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,45, persentase 61,2% kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3,77, persentase 76,02% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,9, persentase 72,5% kategori baik dan siklus III skor aktivitas guru adalah 3,25, persentase 87,5% kategori sangat baik sedangkan skor aktivitas belajar siswa adalah 3,4, persentase 84,35% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 67,72; 73,18; 77,8 dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 77,27%, 84,09%, 93,18%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.</description><date>2011</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7273/1/skripsi%20wanda.doc</identifier><identifier> FEBRIYANTI E., WANDA (2011) PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7273</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FEBRIYANTI E., WANDA
title PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7273/1/skripsi%20wanda.doc
http://eprints.unram.ac.id/7273/
contents Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SD Negeri 18 Mataram diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SD Negeri 18 Mataram adalah guru cendrung hanya menjelaskan materi ajar didepan kelas, guru hanya melakukan tahap simbolik sedangkan tahap enaktif dan ikonik tidak tampak. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran Matematika menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran pun rendah dengan rata-rata 66,11, jumlah siswa yang tidak tuntas 15 orang dan ketuntasan belajar 65,90%. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan mistar bilangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-2 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram yang berjumlah 44 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 2,8, persentase 69,75% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,45, persentase 61,2% kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3,77, persentase 76,02% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,9, persentase 72,5% kategori baik dan siklus III skor aktivitas guru adalah 3,25, persentase 87,5% kategori sangat baik sedangkan skor aktivitas belajar siswa adalah 3,4, persentase 84,35% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 67,72; 73,18; 77,8 dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 77,27%, 84,09%, 93,18%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.
id IOS5428.7273
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:09Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:09Z
recordtype dc
_version_ 1686351110943539200
score 17.538404