ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG PATUNG SAPI – MATARAM II)
Main Author: | DIRTA LATIF JUNANI, DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf http://eprints.unram.ac.id/7148/ |
ctrlnum |
7148 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7148/</relation><title>ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK 
(STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG 
PATUNG SAPI – MATARAM II)</title><creator>DIRTA LATIF JUNANI, DWI</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Dalam pelaksanaan sebuah proyek, ada beberapa alasan yang dapat menjadi 
dasar untuk melakukan pengurangan durasi waktu dari sebuah proyek. Salah satu 
alasan yang paling umum adalah adanya pernyataan dari manajer perusahaan ataupun 
pimpinan suatu pemerintah kepada masyarakat bahwa proyek yang sedang 
dilaksanakan oleh timnya akan selesai pada suatu waktu yang ditentukan. 
Dalam tugas akhir ini dibahas masalah mengenai analisis waktu dan biaya 
proyek yang optimum dengan mengaplikasikan metode analisis “Time Cost Trade Off” 
pada proyek kontruksi, dengan mengambil studi pembangunan jalan Gerung, Patung 
Sapi – Mataram II. Metode yang digunakan adalah metode cpm. Metode cpm kemudian 
dianalisis menggunakan metode time cost trade off untuk mempersingkat waktu proyek 
dengan penambahan biaya yang seminimal mungkin. Sehingga sebelum mendapatkan 
durasi dan biaya yang optimum maka dilakukan perhitungan mendapatkan nilai crash 
cost, crash duration dan cost slope, untuk mendapatkan nilai cost slope digunakan 
metode analisis “Least cost analisis” 
Sehingga dari segi waktu didapatkan penyelesaian pelaksanaan pekerjaan 
setelah percepatan yaitu 47 hari terhitung dari minggu ke - III bulan oktober, dari waktu 
pelaksanaan normal 78 hari. Atau terjadi pengurangan durasi sebanyak 31 hari. Akibat 
terjadinya pengurangan durasi selama 47 hari tersebut maka biaya percepatan pun 
mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp. 910.404.000,00 dengan nilai Cost Slope Rp. 
124.673.037,43. Dari metode analisis tersebut maka akan didapatkan waktu yang paling 
efektif untuk menyelesaikan proyek dengan biaya yang optimum.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf</identifier><identifier> DIRTA LATIF JUNANI, DWI (2017) ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG PATUNG SAPI – MATARAM II). S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7148</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DIRTA LATIF JUNANI, DWI |
title |
ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK
(STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG
PATUNG SAPI – MATARAM II) |
publishDate |
2017 |
topic |
TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf http://eprints.unram.ac.id/7148/ |
contents |
Dalam pelaksanaan sebuah proyek, ada beberapa alasan yang dapat menjadi
dasar untuk melakukan pengurangan durasi waktu dari sebuah proyek. Salah satu
alasan yang paling umum adalah adanya pernyataan dari manajer perusahaan ataupun
pimpinan suatu pemerintah kepada masyarakat bahwa proyek yang sedang
dilaksanakan oleh timnya akan selesai pada suatu waktu yang ditentukan.
Dalam tugas akhir ini dibahas masalah mengenai analisis waktu dan biaya
proyek yang optimum dengan mengaplikasikan metode analisis “Time Cost Trade Off”
pada proyek kontruksi, dengan mengambil studi pembangunan jalan Gerung, Patung
Sapi – Mataram II. Metode yang digunakan adalah metode cpm. Metode cpm kemudian
dianalisis menggunakan metode time cost trade off untuk mempersingkat waktu proyek
dengan penambahan biaya yang seminimal mungkin. Sehingga sebelum mendapatkan
durasi dan biaya yang optimum maka dilakukan perhitungan mendapatkan nilai crash
cost, crash duration dan cost slope, untuk mendapatkan nilai cost slope digunakan
metode analisis “Least cost analisis”
Sehingga dari segi waktu didapatkan penyelesaian pelaksanaan pekerjaan
setelah percepatan yaitu 47 hari terhitung dari minggu ke - III bulan oktober, dari waktu
pelaksanaan normal 78 hari. Atau terjadi pengurangan durasi sebanyak 31 hari. Akibat
terjadinya pengurangan durasi selama 47 hari tersebut maka biaya percepatan pun
mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp. 910.404.000,00 dengan nilai Cost Slope Rp.
124.673.037,43. Dari metode analisis tersebut maka akan didapatkan waktu yang paling
efektif untuk menyelesaikan proyek dengan biaya yang optimum. |
id |
IOS5428.7148 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:22:09Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351110330122240 |
score |
17.538404 |