ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG PATUNG SAPI – MATARAM II)

Main Author: DIRTA LATIF JUNANI, DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7148/
ctrlnum 7148
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7148/</relation><title>ANALISIS &#x201C;TIME COST TRADE OFF&#x201D; PADA PELAKSANAAN PROYEK &#xD; (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG &#xD; PATUNG SAPI &#x2013; MATARAM II)</title><creator>DIRTA LATIF JUNANI, DWI</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Dalam pelaksanaan sebuah proyek, ada beberapa alasan yang dapat menjadi &#xD; dasar untuk melakukan pengurangan durasi waktu dari sebuah proyek. Salah satu &#xD; alasan yang paling umum adalah adanya pernyataan dari manajer perusahaan ataupun &#xD; pimpinan suatu pemerintah kepada masyarakat bahwa proyek yang sedang &#xD; dilaksanakan oleh timnya akan selesai pada suatu waktu yang ditentukan. &#xD; Dalam tugas akhir ini dibahas masalah mengenai analisis waktu dan biaya &#xD; proyek yang optimum dengan mengaplikasikan metode analisis &#x201C;Time Cost Trade Off&#x201D; &#xD; pada proyek kontruksi, dengan mengambil studi pembangunan jalan Gerung, Patung &#xD; Sapi &#x2013; Mataram II. Metode yang digunakan adalah metode cpm. Metode cpm kemudian &#xD; dianalisis menggunakan metode time cost trade off untuk mempersingkat waktu proyek &#xD; dengan penambahan biaya yang seminimal mungkin. Sehingga sebelum mendapatkan &#xD; durasi dan biaya yang optimum maka dilakukan perhitungan mendapatkan nilai crash &#xD; cost, crash duration dan cost slope, untuk mendapatkan nilai cost slope digunakan &#xD; metode analisis &#x201C;Least cost analisis&#x201D; &#xD; Sehingga dari segi waktu didapatkan penyelesaian pelaksanaan pekerjaan &#xD; setelah percepatan yaitu 47 hari terhitung dari minggu ke - III bulan oktober, dari waktu &#xD; pelaksanaan normal 78 hari. Atau terjadi pengurangan durasi sebanyak 31 hari. Akibat &#xD; terjadinya pengurangan durasi selama 47 hari tersebut maka biaya percepatan pun &#xD; mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp. 910.404.000,00 dengan nilai Cost Slope Rp. &#xD; 124.673.037,43. Dari metode analisis tersebut maka akan didapatkan waktu yang paling &#xD; efektif untuk menyelesaikan proyek dengan biaya yang optimum.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf</identifier><identifier> DIRTA LATIF JUNANI, DWI (2017) ANALISIS &#x201C;TIME COST TRADE OFF&#x201D; PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG PATUNG SAPI &#x2013; MATARAM II). S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7148</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DIRTA LATIF JUNANI, DWI
title ANALISIS “TIME COST TRADE OFF” PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDY PEMBANGUNAN JALAN GERUNG PATUNG SAPI – MATARAM II)
publishDate 2017
topic TA Engineering (General). Civil engineering (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7148/1/Artikel%20Ilmiah.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7148/
contents Dalam pelaksanaan sebuah proyek, ada beberapa alasan yang dapat menjadi dasar untuk melakukan pengurangan durasi waktu dari sebuah proyek. Salah satu alasan yang paling umum adalah adanya pernyataan dari manajer perusahaan ataupun pimpinan suatu pemerintah kepada masyarakat bahwa proyek yang sedang dilaksanakan oleh timnya akan selesai pada suatu waktu yang ditentukan. Dalam tugas akhir ini dibahas masalah mengenai analisis waktu dan biaya proyek yang optimum dengan mengaplikasikan metode analisis “Time Cost Trade Off” pada proyek kontruksi, dengan mengambil studi pembangunan jalan Gerung, Patung Sapi – Mataram II. Metode yang digunakan adalah metode cpm. Metode cpm kemudian dianalisis menggunakan metode time cost trade off untuk mempersingkat waktu proyek dengan penambahan biaya yang seminimal mungkin. Sehingga sebelum mendapatkan durasi dan biaya yang optimum maka dilakukan perhitungan mendapatkan nilai crash cost, crash duration dan cost slope, untuk mendapatkan nilai cost slope digunakan metode analisis “Least cost analisis” Sehingga dari segi waktu didapatkan penyelesaian pelaksanaan pekerjaan setelah percepatan yaitu 47 hari terhitung dari minggu ke - III bulan oktober, dari waktu pelaksanaan normal 78 hari. Atau terjadi pengurangan durasi sebanyak 31 hari. Akibat terjadinya pengurangan durasi selama 47 hari tersebut maka biaya percepatan pun mengalami kenaikan yaitu sebesar Rp. 910.404.000,00 dengan nilai Cost Slope Rp. 124.673.037,43. Dari metode analisis tersebut maka akan didapatkan waktu yang paling efektif untuk menyelesaikan proyek dengan biaya yang optimum.
id IOS5428.7148
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:22:09Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:06Z
recordtype dc
_version_ 1686351110330122240
score 17.538404