PENGARUH PENGGUNAAN BUKU SAKU SEBAGAI PEMBELAJARAN SUPLEMEN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SAINS (FISIKA) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: Wahyuningsih, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7096/1/Skripsi%20Sri%20Wahyuningsih.doc
http://eprints.unram.ac.id/7096/
Daftar Isi:
  • Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 1 Sandik terdapat beberapa masalah yang ditemukan diantaranya penggunaan metode mengajar yang digunakan kurang tepat dalam mengajarkan sains terutama pada pokok bahasan energi yang menyebabkan siswa merasa bosan serta sulit memahami pokok bahasan tersebut, oleh karena itu peneliti mencoba memperkenalkan metode pembelajaran suplemen dengan Buku Saku Sains (Fisika). Tujuan untuk mengetahui bagaimana cara membuat buku saku dan mengetahui pengaruh dari penggunaan buku saku sains terhadap prestasi belajar siswa . Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan seluruh populasi yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperiment dan Kelas IVB sebagi kelas kontrol. Pada kedua kelas tersebut diberikan tes awal (pre-test) dan kemudian diberikan post-tes untuk mengetahui adanya pengaruh perlakukan yang diberikan pada kelas ekperiment. Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal (pre-test) diperoleh rata-rata kelas kontrol 55,9 dan kelas eksperiment 55, setelah diberikan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai rata-rata kelas kontrol 73,19 dan kelas eksperiment yang mendapatkan perlakuan meningkat menjadi 79.67. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku saku sains sebagai pembelajaran suplemen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Sandik tahun pembelajaran 2009/2010. Untuk itu diharapkan penggunaan buku saku sains dapat diterapkan oleh para pengajar untuk mengajarkan sains pada pokok bahasan yang lain sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.