PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBON AYU TAHUN PELAJARAN 2009 - 2010
Main Author: | SUBAE’AH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7091/1/SKRIPSI%20LENGKAP.rtf http://eprints.unram.ac.id/7091/ |
Daftar Isi:
- Peneliti merumuskan beberapa masalah yang terjadi di SDN 1 Kebon Ayu, antara lain adalah sebagai berikut : (1) Penerapan penggunaan media gambar, (2) Pengelompokkan siswa dalam pembelajaran, (3) Memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V semester II SDN 1 Kebon Ayu tahun ajaran 2009-2010, dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas, dengan 4 tahapan yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila nilai ≥ 65 atau sama dengan 65 dan tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85% serta aktivitas belajar siswa dikatakan aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi dan aktivitas siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa mencapai 62,5% (25 orang) siswa tuntas dan 37,5% (15 orang) yang belum tuntas. Siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5% (35 orang) siswa dikatakan tuntas dan 12,5% (5 orang) tidak tuntas. Hasil observasi diperoleh skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 3,14 (cukup aktif), pada siklus II jumlah skor aktivitas siswa 5 (sangat aktif). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Gambar dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 1 Kebon Ayu Tahun Pelajaran 2009-2010.