PENERAPAN METODE PERMAINAN BARIS BERBARIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | ZULZALI, PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7090/1/Skripsi%20Putri%20Zulzali.doc http://eprints.unram.ac.id/7090/ |
ctrlnum |
7090 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7090/</relation><title>PENERAPAN METODE PERMAINAN BARIS BERBARIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN 03 AMPENAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010.</title><creator>ZULZALI, PUTRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa di dalam kelas selama proses pembelajaran serta rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah tanpa adanya suatu penggunaan media/alat peraga yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar, agar lebih menarik sesuai dengan tingkat perkembangan berpikir anak yang masih pada tahap operasi konkret. Dalam hal ini perlu diciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Metode permainan baris berbaris ini bercirikan adanya suatu permainan dengan aturan-aturan. Permainan baris berbaris menggunakan sarana permainan pita bilangan dan mistar bilangan. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor aktivitas siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan baik dari observer I dan observer II. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 12,14 dan 10,8 dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas siswa berturut-turut dari observer I adalah 17,49 dan 17,83 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan dari observer II adalah 16,31, dan 16,82 Selain itu, rata-rata nilai hasil evaluasi siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 70,52; 74,37; 76,64. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat. 
Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan baris berbaris dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Ampenan mata pelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan bulat.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7090/1/Skripsi%20Putri%20Zulzali.doc</identifier><identifier> ZULZALI, PUTRI (2010) PENERAPAN METODE PERMAINAN BARIS BERBARIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7090</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ZULZALI, PUTRI |
title |
PENERAPAN METODE PERMAINAN BARIS BERBARIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SDN 03 AMPENAN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
publishDate |
2010 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7090/1/Skripsi%20Putri%20Zulzali.doc http://eprints.unram.ac.id/7090/ |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa di dalam kelas selama proses pembelajaran serta rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah tanpa adanya suatu penggunaan media/alat peraga yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar, agar lebih menarik sesuai dengan tingkat perkembangan berpikir anak yang masih pada tahap operasi konkret. Dalam hal ini perlu diciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Metode permainan baris berbaris ini bercirikan adanya suatu permainan dengan aturan-aturan. Permainan baris berbaris menggunakan sarana permainan pita bilangan dan mistar bilangan. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor aktivitas siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan baik dari observer I dan observer II. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 12,14 dan 10,8 dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II dan III skor aktivitas siswa berturut-turut dari observer I adalah 17,49 dan 17,83 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan dari observer II adalah 16,31, dan 16,82 Selain itu, rata-rata nilai hasil evaluasi siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 70,52; 74,37; 76,64. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.
Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan baris berbaris dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Ampenan mata pelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan bulat. |
id |
IOS5428.7090 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:22:08Z |
last_indexed |
2018-08-02T01:22:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351109910691840 |
score |
17.538404 |