PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA SEMESTER GANJIL KELAS V SDN 03 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Main Author: S U R Y A N I, S U R Y A N I
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7089/1/PROPOSAL.docx
http://eprints.unram.ac.id/7089/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode eksperimen pada pokok bahasan perubahan sifat benda mata pelajaran IPA semester ganjil kelas V SDN 03 Ampenan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Dari hasil nilai rata – rata siswa yakni pada siklus I mencapai 70,6 mengalami peningkatan menjadi 88,3 pada siklus II, dan porsentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 58,3 % meningkat menjadi 95,8 % pada siklus II. nilai t_(hitung ) 13,3 sedangkan t_tabel 2,7 dengan tingkat signifikan adalah 0,01 hal ini menujukkan bahwa t_(hitung >) dari t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa antara hasil belajar siklus I dan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa pada siswa kelas V SDN 03 Ampenan Tahun Pelajaran 2010 / 2011.