Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2009-2010

Main Author: Arofa, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7055/1/Skripsi%20Nur%20Arofa.doc
http://eprints.unram.ac.id/7055/
ctrlnum 7055
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7055/</relation><title>Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2009-2010</title><creator>Arofa, Nur</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Berdasarkan Pemantauan atau pengamatan awal dari penelitian yang telah di lakukan bahwa penggunaan media kartu kalimat di SDN 23 Cakranegara belum pernah dilaksanakan. Penggunaan media pembelajaran kartu kalimat dapat melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa memperhatikan perbedaan status. Media Kartu kalimat merupakan sebuah kartu yang berbentuk sebuah kartu dimana kartu tersebut bisa dibuat dalam ukuran 2 cm Lebarnya dan panjangnya 15cm, yang didalamnya tertulis kalimat tunggal. Narasi ialah tulisan yang tujuannya menceritakan kronologis peristiwa kehidupan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 23 Cakranegara yang berjumlah 39 orang, sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan pengambilan nilai melalui tes.&#xD; Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai klasikal adalahh 58,97 sedangkan pada siklus II nilai klasikal yang diperoleh adalah 79,48. Selain itu, rata-rata nilai evaluasi siswa dalam 2 siklus adalah 65,25 ; 71,79. Rata-rata nilai siswa dalam 2 siklus selalu meningkat, hal ini disebabkan karena siswa lebih aktif dalam kelas.&#xD; Pada penelitian in, Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kalimat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Cakranegara. Mata pelajaran Bahasa Indonesia.Oleh sebab itu Guru diharapkan dapat menggunakan dan menerapkan Media kartu kalimat secara efektif.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7055/1/Skripsi%20Nur%20Arofa.doc</identifier><identifier> Arofa, Nur (2010) Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7055</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arofa, Nur
title Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2009-2010
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7055/1/Skripsi%20Nur%20Arofa.doc
http://eprints.unram.ac.id/7055/
contents Berdasarkan Pemantauan atau pengamatan awal dari penelitian yang telah di lakukan bahwa penggunaan media kartu kalimat di SDN 23 Cakranegara belum pernah dilaksanakan. Penggunaan media pembelajaran kartu kalimat dapat melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa memperhatikan perbedaan status. Media Kartu kalimat merupakan sebuah kartu yang berbentuk sebuah kartu dimana kartu tersebut bisa dibuat dalam ukuran 2 cm Lebarnya dan panjangnya 15cm, yang didalamnya tertulis kalimat tunggal. Narasi ialah tulisan yang tujuannya menceritakan kronologis peristiwa kehidupan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 23 Cakranegara yang berjumlah 39 orang, sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan pengambilan nilai melalui tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah skor siswa dalam 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai klasikal adalahh 58,97 sedangkan pada siklus II nilai klasikal yang diperoleh adalah 79,48. Selain itu, rata-rata nilai evaluasi siswa dalam 2 siklus adalah 65,25 ; 71,79. Rata-rata nilai siswa dalam 2 siklus selalu meningkat, hal ini disebabkan karena siswa lebih aktif dalam kelas. Pada penelitian in, Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kalimat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Cakranegara. Mata pelajaran Bahasa Indonesia.Oleh sebab itu Guru diharapkan dapat menggunakan dan menerapkan Media kartu kalimat secara efektif.
id IOS5428.7055
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:22:08Z
last_indexed 2018-08-02T01:22:08Z
recordtype dc
_version_ 1686351109784862720
score 17.538404