PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: UTAMI, LUH MADE DIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/7044/
ctrlnum 7044
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7044/</relation><title>PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010</title><creator>UTAMI, LUH MADE DIAH</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 11 Cakranegara adalah guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa tidak mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diajarkan, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika (operasi hitung bilangan bulat) dengan penggunaan alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 83,47 (siklus I), 79,67 (siklus II), dan 91,5 (siklus III). Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 83,33%, 90% dan 96,55%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc</identifier><identifier> UTAMI, LUH MADE DIAH (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7044</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author UTAMI, LUH MADE DIAH
title PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unram.ac.id/7044/
contents Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 11 Cakranegara adalah guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa tidak mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diajarkan, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika (operasi hitung bilangan bulat) dengan penggunaan alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 83,47 (siklus I), 79,67 (siklus II), dan 91,5 (siklus III). Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 83,33%, 90% dan 96,55%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010.
id IOS5428.7044
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:22:07Z
last_indexed 2018-08-02T01:22:07Z
recordtype dc
_version_ 1686351109746065408
score 17.538404