PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | UTAMI, LUH MADE DIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/7044/ |
ctrlnum |
7044 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/7044/</relation><title>PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010</title><creator>UTAMI, LUH MADE DIAH</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 11 Cakranegara adalah guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa tidak mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diajarkan, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika (operasi hitung bilangan bulat) dengan penggunaan alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 83,47 (siklus I), 79,67 (siklus II), dan 91,5 (siklus III). Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 83,33%, 90% dan 96,55%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc</identifier><identifier> UTAMI, LUH MADE DIAH (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>7044</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
UTAMI, LUH MADE DIAH |
title |
PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) PADA SISWA KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010 |
publishDate |
2010 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/7044/1/BAB%20I.doc http://eprints.unram.ac.id/7044/ |
contents |
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 11 Cakranegara adalah guru tidak menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Guru menjelaskan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa tidak mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diajarkan, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika (operasi hitung bilangan bulat) dengan penggunaan alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 83,47 (siklus I), 79,67 (siklus II), dan 91,5 (siklus III). Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 83,33%, 90% dan 96,55%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara tahun ajaran 2009/2010. |
id |
IOS5428.7044 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:22:07Z |
last_indexed |
2018-08-02T01:22:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351109746065408 |
score |
17.538404 |