RANCANG BANGUN PROTOTYPE V ENGINE DENGAN SISTEM MOTOR SOLENOID MENGGUNAKAN EMPAT PISTON DAN EMPAT SILINDER
Main Author: | ISKANDAR, DEDY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/7015/1/DEDY%20ISKANDAR%20F1B110005.pdf http://eprints.unram.ac.id/7015/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini, dilakukan rancang bangun prototype V Engine dengan sistem motor solenoid menggunakan empat piston dan empat silinder yang lebih ramah lingkungan dan dari segi mekanik lebih sederhana untuk meminimalisir emisi kendaraan bermotor dengan cara mengganti sistem pembakaran pada motor bakar dengan sistem medan elektromagnetik. Piston yang digunakan adalah magnet permanen Neodymium Iron Boron (NdFeB) untuk mencari gaya tolak yang dihasilkan dengan tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah putaran motor dan torsi yang dihasilkan semakin besar, sehingga efisiensi yang dihasilkan juga semakin besar pada prototype V engine dengan sistem motor solenoid menggunakan empat piston dan empat silinder. Hasil pengujian pada rancangan V engine dengan sistem motor solenoid mengunakan empat piston dan empat silinder menghasilkan rapat fluks magnet maksimum sebesar 313,12 pada tegangan 15 V dan arus 5,5 A menghasikan kuat medan magnet 249,29 Am, gaya tolak magnet sebesar 0,0160 N dengan kecepatan putar maksimum 3705 Rpm dan torsi 0,637 Nm dengan efisiensi yang dihasilkan 52,44 %. Sehingga nilai efisiensi rata-rata sebesar 31,59 %.