ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 5 MATARAM DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | AGUSTIN PUJA PERTIWI, TRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6875/1/ARTIKEL%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/6875/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII F SMP Negeri 5 Mataram dalam pemecahan masalah materi segiempat dan segitiga yang terdiri dari 27 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah yang terdiri dari 2 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indikator berpikir kritis yang telah ditetapkan yaitu: interpretasi, analisis, kesimpulan, dan ekplanasi. Hasil analisis data pada soal nomor 1 sampai 2 dengan materi yang diujikan dalam tes kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ini adalah materi segiempat dan segitiga. Permasalahan yang diberikan sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan dan total waktu yang diberikan untuk menjawab tes tersebut adalah selama 120 menit. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator-indikator dalam penelitian yaitu interpretasi, analisis, kesimpuan dan ekplanasi, dengan persentase secara berturut-turut yakni 60,2%, 37,5%, 35,1%, dan 28,7% ; (b) kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah secara umum dominan berada pada level 1 dan level 2.