PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | USMAN SOFYAN, MUHAMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6869/1/JURNAL%20SKRIPSI%20MUHAMAD%20USMAN%20S..pdf http://eprints.unram.ac.id/6869/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode probing prompting terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk rancangan post-test only control grup design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kuripan yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode probing prompting sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,05) > ttabel (1,68) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode probing prompting terhadap peningkatan hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018.