PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 36 CAKRANEGARA MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: PURWANTO, ADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6862/1/skripsi%20lengkap%20adi%20purwanto.rtf
http://eprints.unram.ac.id/6862/
Daftar Isi:
  • Penelitian tentang “Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 36 Cakranegara Mataram Tahun Ajaran 2009-2010” telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi yang optimal untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III di SDN 36 Cakranegara Mataram tahun ajaran 2009-2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 36 Cakranegara, Mataram tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 30 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes uraian tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Analisis dilakukan dengan menerapkan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah keterlaksanaan semua indikator pembelajaran, rata-rata nilai siswa ≥ 6.6 (KKM), dan secara klasikal siswa lulus dengan persentase ≥ 85%. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 2.9; 3.14; 3.59. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara berturut-turut dengan rata-rata 3; 3.69; dan 3.79. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar ; 6.96; 7.54, dan 8.23 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut dari siklus I, II dan III adalah 76.6%, 86.2% dan 89.2%. Dengan demikian, penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 36 Cakranegara, Mataram tahun ajaran 2009/2010.