PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI MS SMA NEGERI 1 KEDIRI
Main Author: | ABDUL AJIS, ABDUL AJIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6844/1/JURNAL%20SKRIPSI%20ABDUL%20AJIS.pdf http://eprints.unram.ac.id/6844/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar sistem koloid siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan quasi experimental dalam bentuk Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MS 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media mind mapping sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 2,292 > ttabel = 1,684 yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media mind mapping memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar sistem koloid siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri. Kata kunci: