PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 MANTANG TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: RUDIYATI, HERLIA ENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6773/1/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI%20EMI.docx
http://eprints.unram.ac.id/6773/
Daftar Isi:
  • Dari hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas IV SDN 3 Mantang, teridentifikasi bahwa permasalahan yang dihadapi adalah keaktifan siswa selama proses pembelajaran masih kurang. Hal ini, disebabkan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan tidak menggunakan media saat mengajar, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi sekolah melalui penerapan metode demonstrasi oleh peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Mantang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam dua siklus yang tiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir tiap siklus, sedangkan data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil observasi penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan skor aktivitas siswa dari 11,65 menjadi 21,1 pada siklus II; dan nilai rata-rata kelas dari siklus 1 ke siklus II terjadi peningkatan dari 56,29 menjadi 67,59; untuk persentase ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus II meningkat dari 74,07% menjadi 88,88%. Sehingga penelitian ini dinilai sudah berhasil karena telah mencapai perubahan peningkatan seperti yang diharapkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.