MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Main Author: ROSDIANA, ROSDIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx
http://eprints.unram.ac.id/6750/
ctrlnum 6750
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/6750/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA &#xD; MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR&#xD; PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM&#xD; LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016</title><creator>ROSDIANA, ROSDIANA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk menyampaikan gagasan / ide melalui bahasa lisan. Hasil observasi awal yang dilakukan di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi belajar yang disampaikan guru, guru kurang memotivasi anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, serta kurangnya model pembelajaran yang diberikan. Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan masalah dan perlu adanya strategi pembelajaran di kelas agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan yaitu salah satunya melalui kegiatan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan penelitian ini adalah &#x201C;untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana yang menjadi subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptip.&#xD; Hasil tindakan pada siklus I berjalan dengan lancar hanya saja ada beberapa anak didik masih mengalami kesulitan dalam berbicara melalui kegiatan tebak gambar sehingga diperoleh persentase kemampuan berbicara anak sebesar 50,11 %, setelah melakukan perbaikan pada siklus II persentase kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Paud As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx</identifier><identifier> ROSDIANA, ROSDIANA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>6750</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ROSDIANA, ROSDIANA
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx
http://eprints.unram.ac.id/6750/
contents Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk menyampaikan gagasan / ide melalui bahasa lisan. Hasil observasi awal yang dilakukan di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi belajar yang disampaikan guru, guru kurang memotivasi anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, serta kurangnya model pembelajaran yang diberikan. Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan masalah dan perlu adanya strategi pembelajaran di kelas agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan yaitu salah satunya melalui kegiatan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana yang menjadi subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptip. Hasil tindakan pada siklus I berjalan dengan lancar hanya saja ada beberapa anak didik masih mengalami kesulitan dalam berbicara melalui kegiatan tebak gambar sehingga diperoleh persentase kemampuan berbicara anak sebesar 50,11 %, setelah melakukan perbaikan pada siklus II persentase kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Paud As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016.
id IOS5428.6750
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:22:00Z
last_indexed 2018-08-02T01:22:00Z
recordtype dc
_version_ 1686351108364042240
score 17.538404