MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Main Author: | ROSDIANA, ROSDIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx http://eprints.unram.ac.id/6750/ |
ctrlnum |
6750 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/6750/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA 
MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR
PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM
LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016</title><creator>ROSDIANA, ROSDIANA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk menyampaikan gagasan / ide melalui bahasa lisan. Hasil observasi awal yang dilakukan di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi belajar yang disampaikan guru, guru kurang memotivasi anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, serta kurangnya model pembelajaran yang diberikan. Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan masalah dan perlu adanya strategi pembelajaran di kelas agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan yaitu salah satunya melalui kegiatan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana yang menjadi subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptip.
Hasil tindakan pada siklus I berjalan dengan lancar hanya saja ada beberapa anak didik masih mengalami kesulitan dalam berbicara melalui kegiatan tebak gambar sehingga diperoleh persentase kemampuan berbicara anak sebesar 50,11 %, setelah melakukan perbaikan pada siklus II persentase kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Paud As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx</identifier><identifier> ROSDIANA, ROSDIANA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>6750</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ROSDIANA, ROSDIANA |
title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA
MELALUI KEGIATAN TEBAK GAMBAR
PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ASSALAAM
LENDANG LEKONG TURIDA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/6750/1/ROSDIANA%20E1F113063.docx http://eprints.unram.ac.id/6750/ |
contents |
Kemampuan berbicara adalah kemampuan anak untuk menyampaikan gagasan / ide melalui bahasa lisan. Hasil observasi awal yang dilakukan di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih belum maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya variasi belajar yang disampaikan guru, guru kurang memotivasi anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, serta kurangnya model pembelajaran yang diberikan. Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan masalah dan perlu adanya strategi pembelajaran di kelas agar permasalahan tersebut dapat dipecahkan yaitu salah satunya melalui kegiatan tebak gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berbicara anak melalui kegiatan tebak gambar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana yang menjadi subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD As-salaam berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptip.
Hasil tindakan pada siklus I berjalan dengan lancar hanya saja ada beberapa anak didik masih mengalami kesulitan dalam berbicara melalui kegiatan tebak gambar sehingga diperoleh persentase kemampuan berbicara anak sebesar 50,11 %, setelah melakukan perbaikan pada siklus II persentase kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Paud As-salaam Tahun Pelajaran 2015/2016. |
id |
IOS5428.6750 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-08-02T01:22:00Z |
last_indexed |
2018-08-02T01:22:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351108364042240 |
score |
17.538404 |