PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: DINA LATHIFAH, EVA DINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6742/1/EVA%20DINA%20LATHIFAH%20%28E1R011015%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6742/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model problem based learning berbantuan multimedia pada materi transformasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus memiliki lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah nilai rata-rata evaluasi siswa dan persentase ketuntasan klasikal siswa . Nilai rata-rata pada siklus 1 dan 2 berturut-turut adalah 76,47 dan 78,92. Persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus 1 dan 2 berturut-turut 82,35% dan88,24%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan multimedia secara optimal, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 9 Mataram tahun pelajaran 2014/2015.