PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs MIFTAHUL ULUM PELANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: MIFTAHURRAHMAN, MIFTAHURRAHMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6636/1/1.%20cover.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/2/2.%20motto-abstract.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/3/3.%20bab%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/4/4.%20bab%20II.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/5/5.%20bab%20III.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/6/6.%20bab%20IV%20dan%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/7/7.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.unram.ac.id/6636/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas VII MTs Miftahul Ulum Pelangan menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode maupun pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan siswa kurang mampu memahami materi matematika kerena sifatnya yang abstrak sehingga solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah ini yaitu menerapkan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII A MTs Miftahul Ulum Pelangan dengan menerapkan pendekatan RME pada pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Miftahul Ulum Pelangan sebanyak 19 orang. PTK ini dikatakan berhasil apabila terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari rata-rata skor aktivitas sebelumnya dan minimal berkategori tinggi pada akhir siklus. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat apabila nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dan tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% dari siswa yang mendapat nilai lebih besar atau sama dengan 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 10,3 (sedang) dan 11,8 (tinggi). Rata-rata nilai siswa yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,33 dan 84,5 dengan urutan ketuntasan klasikal 70,59% dan 88,9%. Indikator keberhasilan penelitian ini terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada pembelajaran materi segiempat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII A MTs Miftahul Ulum Pelangan tahun ajaran 2014/2015.