PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TK MELATI AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: RIADAH, RIADAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/6565/1/BAB%20I%20pasca%20ujian%20OK.doc
http://eprints.unram.ac.id/6565/
ctrlnum 6565
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/6565/</relation><title>PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TK MELATI AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>RIADAH, RIADAH</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak adalah keterampilan berbicara. Sehingga kemampuan berbicara berkaitan dengan cara berfikir anak, oleh karena itu diperlukannya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan bermain peran yang tepat dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun pada TK Melati Aikmel Tahun pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan bermain peran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun pada TK Melati Aikmel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan 3 kali tahap pengembangan, dimana yang dijadikan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Aikmel Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.&#xD; Hasil penelitian, pada tahap pemgembangan I kurang optimal dengan tingkat kemampuan berbicara anak mencapai 60% pada tahap Pengembangan II peneliti melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan naskah dan media yang berbeda sehingga terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak menjadi 78,67% pada tahap pengembangan III peneliti mempertahankan perbaikan yang telah dilakukan sebelumnya dan berulang-ulang sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal dengan kemampuan berbicara anak mencapai 83,33%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran yang dilaksanakan di TK Melati Aikmel Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun yaitu dimana anak dapat berbicara dengan intonasi dan pelafalan yang baik serta mengikuti dialog dalam kegiatan bermain peran.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/6565/1/BAB%20I%20pasca%20ujian%20OK.doc</identifier><identifier> RIADAH, RIADAH (2015) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TK MELATI AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>6565</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RIADAH, RIADAH
title PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TK MELATI AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/6565/1/BAB%20I%20pasca%20ujian%20OK.doc
http://eprints.unram.ac.id/6565/
contents Salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak adalah keterampilan berbicara. Sehingga kemampuan berbicara berkaitan dengan cara berfikir anak, oleh karena itu diperlukannya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan bermain peran yang tepat dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun pada TK Melati Aikmel Tahun pelajaran 2014/2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan bermain peran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun pada TK Melati Aikmel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan 3 kali tahap pengembangan, dimana yang dijadikan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Aikmel Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, pada tahap pemgembangan I kurang optimal dengan tingkat kemampuan berbicara anak mencapai 60% pada tahap Pengembangan II peneliti melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan naskah dan media yang berbeda sehingga terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak menjadi 78,67% pada tahap pengembangan III peneliti mempertahankan perbaikan yang telah dilakukan sebelumnya dan berulang-ulang sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal dengan kemampuan berbicara anak mencapai 83,33%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran yang dilaksanakan di TK Melati Aikmel Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun yaitu dimana anak dapat berbicara dengan intonasi dan pelafalan yang baik serta mengikuti dialog dalam kegiatan bermain peran.
id IOS5428.6565
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-08-02T01:21:54Z
last_indexed 2018-08-02T01:21:54Z
recordtype dc
_version_ 1686351107520987136
score 17.538404